Iklan

Pendaftaran Beasiswa Kukar Idaman Dibuka 22 Juni - 13 Juli 2022, Cek Persyaratannya

Flyer pendaftaran Beasiswa Kukar Idaman yang dibuka selama 20 hari (Foto: Istimewa)

Kalimantan Timur

Pendaftaran Beasiswa Kukar Idaman Dibuka 22 Juni - 13 Juli 2022, Cek Persyaratannya

PusaranMedia.com

Flyer pendaftaran Beasiswa Kukar Idaman yang dibuka selama 20 hari (Foto: Istimewa)

Pendaftaran Beasiswa Kukar Idaman Dibuka 22 Juni - 13 Juli 2022, Cek Persyaratannya

Flyer pendaftaran Beasiswa Kukar Idaman yang dibuka selama 20 hari (Foto: Istimewa)

Reporter: Lodya Astagina | Editor: Bambang Irawan

TENGGARONG - Pendaftaran Beasiswa Kukar Idaman dibuka selama 20 hari, terhitung dari 22 Juni hingga 13 Juli 2022 mendatang. 

Beasiswa diberikan kepada pelajar, santri, mahasiswa, guru, siswa berkebutuhan khusus, stimulan mahasiswa S1, dan tematik. Dengan catatan pendaftar merupakan penduduk Kukar yang tercatat di Disdukcapil. Bagi yang berminat bisa langsung mendaftarkan diri di link https://beasiswa.kukarkab.go.id/. 

“Pendaftaran selesai dilanjutkan verifikasi, verifikasi berkas lewat online itu kita periksa kelengkapannya. Kalau lengkap lolos, lolos juga belum tentu keterima karena kita ranking lagi,” kata Kabag Kesra, Mulyadi melalui Analis Kebijakan Kesra, Hafidz, Jumat (24/6/2022). 

Tapi, jika peminatnya kurang dari target yang ditentukan, maka tidak akan ada proses ranking. Semua pendaftar yang lolos verifikasi berkas bakal mendapatkan beasiswa. “Seperti tahun lalu target kita 2.900 orang, ternyata berkas yang masuk yang lengkap cuma 1.200, otomatis lolos semua,” tukasnya. 

Tahun lalu, peminat yang mendaftar Beasiswa Kukar Idaman terbilang sedikit. Menurut Hafidz, hal ini disebabkan banyak siswa/mahasiswa yang sudah mendaftar beasiswa di provinsi dengan nominal yang lebih besar. Selain itu, salah satu syararnya pendaftar tidak diperbolehkan mendaftar beasiswa di dua tempat. “Nggak boleh dobel, tahun ini pun banyak yang begitu, banyak yang sudah dapat dari kampusnya, bidik misi. Kalau sudah dapat otomatis nggak melirik ke sini,” sebutnya. 

Apabila semuanya lancar, ia mengatakan proses pendaftaran hingga tahap akhir akan berakhir pada Oktober mendatang. “Kita berharap Oktober sudah masuk rekening masing-masing penerima beasiswa. Agustus ada verifikasi lapangan, mengecek mahasiswa masih aktif atau tidak, dan mendapatkan beasiswa di tempat lain atau tidak,” tutupnya. 

Persyaratan umumnya, pendaftar harus memiliki KTP dan KK Kukar. Pelajar atau mahasiswa yang memiliki akademik dan mendapat surat keterangan dari kepala sekolah atau keterangan aktif kuliah dari perguruan tinggi dan/atau surat keterangan dari instansi terkait yang berkaitan dengan prestasi akademik. 

Minimal telah semester II yang dibuktikan dengan Kartu Hasil Studi (KHS) dari perguruan tinggi. SK Ban-PT dan sertifikat akreditasi dari perguruan tinggi yang bersangkutan. Melampirkan rapor prestasi akademik untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah, atau transkrip akademik sementara/KHS untuk jenjang pendidikan tinggi. 

Melampirkan foto kopi buku rekening aktif dari Bankaltimtara atau BRI dengan nama pemilik rekening yang sama dengan nama pemohon beasiswa sesuai kartu identitas diri. Pemohon menandatangani surat perjanjian bermaterai 10.000 yang menyatakan bersedia mengabdi di Kabupatan Kukar setelah menyelesaikan studi pendidikan tinggi bagi mahasiswa yang menerima beasiswa program kerja sama dan beasiswa S2 dan S3.

Pemohon juga tidak sedang menerima beasiswa dari sumber pembiayaan Iain, baik dari pemerintah pusat dan daerah, pemerintah negara lain maupun swasta dalam dan luar negeri, ditandai dengan surat pernyataan dan bermatrai 10.000. Kemudian bukan berstatus sebagai ASN, TNI, POLRI dan bukan karyawan BUMN/BUMD/perusahaan swasta asing/perusahaan swasta besar lainnya, dan bermatrai 10.000. 

Ada pun persyaratan khusus bagi tingkat SDLB-SMALB adalah sekolah yang telah mendapatkan izin dari lembaga resmi. Juga melampirkan surat keterangan dari sekolah bahwa siswa tersebut berkebutuhan khusus. Untuk jenjangnya, SDLB kelas 4-6, SMPLB kelas 8-9, dan SMALB kelas 11-12. 

Lalu Beasiswa Santri bagi pondok pesantren yang telah mendapatkan izin dari lembaga resmi. Peringkat 1-3 nilai kenaikan kelas untuk Ibtidaiyah/diniyah kelas 4-6, Tsanawiyah kelas 8-9, dan Aliyah kelas 11-12. 

Kemudian Beasiswa Stimulan Prestasi Akademik diperuntukkan bagi tingkat SMA/SMK/MA kelas 11 dan 12 dengan menyertakan peringkat 1-3 untuk nilai rapor kenaikan kelas. Tingkat perguruan tinggi S1 harus memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sekurang-kurangnya 3,00 untuk jurusan/bidang studi/fakultas eksakta, dan 3,25 untuk sosial jurusan/bidang studi/fakultas. Akreditasi perguruan tinggi minimal Baik Sekali (B). Minimal mahasiswa berada di tingkat semester II dan maksimal semester VIII dengan usia maksimal 45 tahun saat pendaftaran kuliah. 

Syarat Beasiswa Guru usia maksimal 50 tahun pada saat mendaftar kuliah. Melampirkan surat keterangan sudah diterima di perguruan tinggi dan mendapat rekomendasi dari Disdikbud Kukar. 

Terakhir Beasiswa Calon Guru harus melampirkan surat keterangan sudah diterima di perguruan tinggi, mendapat rekomendasi dari Disdikbud Kukar dan akreditasi universitas minimal B.